Laman

Senin, 11 Februari 2013

Tips cara mengatasi Kecanduan Facebook

milanysti -

Facebook memiliki banyak manfaat bagi yang menggunakannya secara rutin. Manfaatnya itu antara lain bisa bertemu lagi dengan teman-teman lama dan mendapat kenalan baru. Hal ini bisa menjadi peluang baru untuk bisa mendapatkan pelanggan baru, rekan bisnis dan menjalin silaturahmi dengan kerabat dan teman-teman. Namun apa jadinya jika kita sudah kecanduan Facebook? Ya, tentu ini bisa menjadi masalah bagi kita jika sudah kecanduan Facebook. Masalah tersebut antara lain adalah mengganggu jam pekerjaan dan belajar.


Jika kita merasa pekerjaan dan belajar kita sudah terbengkalai akibat terlalu banyaak beraktivitas di Facebook maka kita perlu mulai mengatur prioritas. Jangan sampai kita mendapat masalah dahulu baru bertindak. Nah, berikut tips mengatasi kecanduan Facebook yang bisa kita lakukan sebagai langkah antisipasi:

1. Menetapkan tujuan ber-Facebook


Dari awal tetapkan tujuan kita ketika ber-Facebook ria. Apakah tujuan kita ber-Facebook ria adalah untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat dan teman, ataukah Anda ber-Facebook untuk bisnis. Nah, dari situ kita bisa fokus kepada hal yang akan dilakukan. Oleh karena itu, kita tidak menjadi melantur ke sana kemari yang membuat kita tidak fokus pada tujuan kita. Facebook memang menawarkan banyak hal yang bisa menyimpangkan perhatian kita seperti aplikasi dan Facebook game, namun berupayalah untuk fokus!

2. Bagi tujuan kita dengan yang lain


Agar menjadi lebih bersemangat untuk fokus pada tujuan kita ber-Facebook maka motivasi dari teman-teman diperlukan. Nah, kita bisa mencoba aplikasi Facebook bernama 30 Boxes. Dengan aplikasi Facebook tersebut, kita bisa mengatur tujuan kita online di Facebook dan membaginya dengan teman-teman. Nah, dengan aplikasi ini teman-teman Anda bisa memberikan motivasi agar kita mencapai tujuan kita dan memenuhi temggat waktu berdasarkan jadwal yang telah kita buat. Aplikasi ini juga tidak hanya bisa diakses lewat PC tetapi juga lewat smartphone atau versi mobile.

3. Membatasi waktu ber-Facebook

Buat batas waktu kita untuk mengakses Facebook dalam sehari dan patuhi. Misalnya, kita menetapkan aturan bagi diri sendiri untuk bisa mengakses Facebook setelah menyelesaikan tugas sekolah atau pekerjaan dan hanya bisa mengakses Facebook selama 2 jam contohnya. Jika ingin lebih dibantu, Anda bisa menggunakan aplikasi StayFocus pada peramban Chrome yang bisa mengatur waktu kita mengunjungi satu situs.

4. Terapkan Facebook sebagai 'istirahat'

Nah, jika Anda masih ingin ber-Facebook ria, perlakukanlah Facebook sebagai hadiah istirahat. Sebagai contoh, setiap kali kita menyelesaikan pekerjaan selama 1 jam maka kita akan mendapat istirahat berupa online di Facebook selama 10 menit. Nah, dengan begitu pekerjaan kita bisa beres dan Facebook tetap update.

5. Bergaullah secara offline

Kita bisa mematikan komputer atau tidak menyentuh handphone hanya untuk melihat Facebook. Setelah itu kita bisa bergaul dengan teman-teman secara offline yang pastinya akan lebih menarik.

sumber